Rabu, 14 November 2012

OH- Maen Rubik's dengan Satu Tangan

Siang Semua ..
Ane mau posting nih, tentang judul diatas hehe. Mudah2an Bermanfaat buat agan semua ya ..

      Perkembangan Speedcubing di tanah air yang menggembirakan ternyata tidak diiringi dengan munculnya one handed solver yang cukup mumpuni. Menyelesaikan cube dengan satu tangan mungkin bagi sebagian cuber hanya dilakukan ketika tangan yang satu sibuk melakukan hal lain seperti menelfon, menulis, dll.  Sementara kita memiliki banyak sub 20 second average speedsolver, kita bahkan belum memiliki sub 30 one handed solver. Rekor Nasional sementara untuk saat ini masih dipegang oleh Abel Brata dalam catatan waktu 38 detik pada Singapore Open 2009 kemarin. Kita berharap Abel dapat memperbaharui catatan one handed ini pada Indonesia Open mendatang, atau mungkin ada cuber lain memecahkan National Record untuk One handed.


      Disisi lain, tidak banyak yang tahu bahwa pemegang rekor Dunia Untuk One Handed Solver adalah seorang berketurunan Indonesia. Ia adalah Rama Temmink, seorang pemuda berkewarganegaraan Belanda, putra dari Maria Oey (Indonesia).  Rama Memecahkan rekor Dunia One Handed (Average) pada kejuaraan Benelux Open 2008 17 Februari 2008 dalam catatan waktu rata rata 20.58 detik. Rekor ini ia pecahkan lagi pada kejuaraan Nedherlands 2008 15 November 2008 dalam catatan waktu 18.29.  Rekor tersebut belum terpecahkan hingga detik ini meskipun beberapa jagoan One handed lain terus bermunculan dengan catatan waktu unnoficial yang sama atau bahkan lebih cepat. Sebut saja, Brian Loftus, Takumi, Yu Nakajima, dll. Kita Harap Rama bisa terus mempertahankan rekor dunia ini. Well, bagaimanapun juga, ia memiliki separuh darah Indonesia… Heheheh

Bagi kalian yang tertarik untuk mendalami one handed solve, berikut ini ada beberapa tips dan petunjuk materi yang dapat saya berikan:

1. Bacalah beberapa tips dari Chris Hardwick berikut ini.
2. Ada video menarik dari badmephisto tentang tips seputar One handed solving
3. Fokuslah pada last layer, karena dalam one handed mempercepat last layer lebih susah daripada cross dan F2L (Bagi pengguna fridrich)

Sekian, semoga ada manfaatnya ..
Maaf bila ada salah pada penulisan dan yang lainnya, Trima Kasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar