Rabu, 14 November 2012

Latihan Fingetrick

Malem, Agan cuber semua ..
Ane malem ini mau berbagi sedikit tentang fingertrick, + tips biar jari terbiasa dan membuat agan maen rubiknya jadi cepet gitu :D hehe ..
Langsung aja gan ..

Sedikit tentang Fingertrick ..
      Fingertrick adalah tekhnik menggunakan jari untuk melakukan gerakan gerakan tertentu dalam memutar rubik’s cube secara efisien. Ada banyak materi yang mengupas tentang ini dan kami sangat merekomendasikan anda belajar melalui video. Fingertrick yang baik bisa jadi merupakan kunci yang paling penting yang menentukan seberapa cepat seseorang mampu menyelesaikan rubik’s cube. Anda bisa mengetahui kelihaian tangan anda dengan menghitung berapa gerakan yang bisa anda lakukan dalam 1 detik. Dengan fingertrick yang baik ditambah dengan sedikit kejelian dalam melihat gerakan selanjutnya, anda dapat mencapai level solving sekitar 1 menit. ( 1-2 hari, namun perlu sedikit lama untuk membiasakannya)

 Berikut beberapa tips mendapatkan Fingertrick rubik’s 3x3x3 dengan cepat :
1. Cubing Anywhere dan Anytime
      Inilah tips yang paling simple, kita hanya perlu latihan atau cubing selama kita beraktifitas. Jadi saat dimanapun dan kapanpun, kita tetap cubing. Tips ini bertujuan agar Jari dan Tangan mudah terbiasa dengan Cube.
2.    Lakukan latihan jari yang khusus
      Maksud dari tips ini adalah, kita harus terbiasa dengan gerakan – gerakan yang sulit di lakukan di Cube. Contoh : R L D U B F, lakukan gerakan tersebut berulang – ulang selama beberapa menit, sampai tanganmu sudah nyaman dan cepat melakukan gerakan – gerakan tersebut. Tentu saja gerakan – gerakan tersebut dapat anda ganti sesuai selera anda dan menurut anda lebih melatih jari anda.

3.    Bermain dengan mainan trik jari lainnya.
       Memang terbilang tidak masuk akal atau tidak mungkin dan anda pasti bertanya, “Apa Efeknya?”. Akan tetapi gunanya dalam melatih fingertrick kita sangat efektif, jari kita bisa lebih leluasa, cekatan dan lentur saat kita cubing. Contoh : fingerboard, yoyo, PencilSpin, PlayStation(tidak terlalu direkomendasikan), Speedstack, Speedtyping (mengetik 10 jari dan cepat).

General Tips ..
      Dalam Fingertrick, maksudnya ialah kita dapat menghemat waktu/ menyelesaikan rubik dengan cepat tanpa harus mengulang2 rumus. Jari yang digunakan sebagian besar adalah Jari Telunjuk masing2 tangan, & Rubik dipegang/ distabilkan menggunakan Ibu Jari & Jari Manis. Walaupun dalam menyelasikan rubik mengharuskan memutar rubik ke segala arah, tetapi kita harus tetap menjaga posisi rubik secara konsisten karen itu kunci dari Fingertrick. Untuk bagian atas gunakan Jari Telunjuk, untuk lapisan bawah gunakan dengan Jari Manis dan Kelinking hanya untuk menstabilkan saja.
      Hindari Jeda, dalam menyelesaikan rubik kita pikirkan ke depan agar jari siap untuk melakukan langkah berikutnya. Ketika Anda mempelajari gerakan ini, kombinasi tertentu akan menjadi lebih mudah. Jari-jari Anda akan dapat bergerak dengan lancar dari satu langkah ke depan. Yang Pasti setiap langkah harus terselesaikan, sehingga kita dapat menyelesikan rubik tanpa mengulang beberapa kali ..

 Nah, kira2 itu tipsnya gan ..
Tapi yang paling utama ya latihan gan sering-sering biar agan nanti dgn sendirinya reflek dengan gerakan rumus2 rubik ..

Mohon maaf bila ada salah pada penulisan dan penjelasan karena ane juga masih belajar ..
Thanks & Salam Nusantara gan !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar