Met malem minggu agan semua ..
Ane mau sharing tentang istilah yang ada di dunia rubik nih gan, simak ye :)
+2 : suatu kondisi cube yang terselesaikan dengan keadaan satu layer terputar >45 derajat dan satu gerakan,
Algo / algoritma : langkah secara urut dalam menyelsaikan suatu masalah, misal algo oll, langkah langkah dalam menyelesaikan oll,
AUF : adjust upper face, tau maksudnya g bisa jelasinnya-_- pokoknya kalo habis pll di U U' ato U2 itu namanya AUF- jihan
Big cubes : cube dengan ordo diatas 3x3x3. misal 4x4x4, 5x5x5, dst...
BLD / Blindfold : Permainan dalam menyelesaikan rubik dengan mata tertutup,
Center : bagian luar cube yang berada di tengah, yang terkait dengan core,
Center caps : bagian penutup center,
CFOP : suatu metode dalam menyelesaikan cube dengan urutan Cross-F2l-OLL-PLL,
Core : Bagian tengah di dalam cube yang menyatukan piece piece cube,
Competitor : Orang yang berkompetisi (yaiyalah)
Corner : bagian cube yang berada di sudut, umumnya terdiri dari 3 warna,
Cross : membuat tanda " + " dilayer pertama dengan warna edge nya terorientasi dengan center,
Cuber : Sebutan untuk pemain cube / rubik,
Cutting corner : suatu kondisi cube yang dapat satu sisi diputar dengan keadaan sisi lain belum kembali secara sempurna
DNF : did not finish, suatu kondisi cube kita tidak terselesaikan,
DNS : did not start, competitor tidak memulai permainan nya.
Display : alat untuk menampilkan waktu yang terhubung dengan stackmat timer,
Edge : bagian luar pada cube yang berada diantara corner, umumnya terdiri dari 2 warna,
F2L : first two layer, 2 layer pertama pada cube,
Fingertrick : gerakan jari yang efisien dalam menggerakan cube,
Flip : kondisi dimana piece sudah terletak pada tempat nya, tapi warnanya berputar satu sama lain
Inspeksi : waktu yang diberikan kepada competitor untuk merenecakan gerakan sebelum melakukan solving, umumnya 15 detik
Judge : juri yang mendampingi kompetitor di saat solving
Last layer (LL) : layer / sisi terakhir pada cube,
Layer by Layer (LBL) : menyelesaikan cube dengan per
layer yang diselesaikan dahulu, bebeda dengan F2L yang menyelesaikan
layer pertama dan kedua secara bersamaan,
Look ahead : melihat kedepan, misal dalam f2l, melihat dan mencari pasangan f2l kedua disaat anda sedang memasukan f2l pertama.
Memorisasi : proses menghafal sebelum melakukan solving BLD,
Missalign : suatu kondisi core tidak pada tempatnya yang seharusnya, umumnya terjadi pada cube ber ordo genap,
Multi slotting : suatu kondisi memasangkan f2l kedua ketika kita memasukan f2l pertama secara bersamaan,
Neutral color : menyelesaikan cube dengan membuat segala warna awal, tidak selalu dimulai dari warna yang sama,
NR : National Record, waktu tercepat di negara masing masing yang tercatat di kompetisi resmi,
NSA : Nusantara Speedcubing Association, badan organisasi Indonesia yang mengelola olahraga speedcubing
OH : Permainan dalam menyelesaikan rubik dengan satu tangan,
OLL : oriented last layer, kondisi pada last layer ketika warna diatas belum rata,
Parity : suatu kondisi cube tidak dapat diselesaikan dengan algoritma biasa, hanya bisa diselesaikan menggunakan algoritma khusus
Pairing Edge : menyamakan / memasangkan edge yang terpisah pada big cube
Personal Best (PB) : waktu tercepat yang dimiliki seseorang itu sendiri.
Piece : bagian bagian pada cube, umumnya terdiri dari (center piece, edge, corner),
Pop : kondisi piece terlepas dari cube nya.
PLL : pemutate last layer, kondisi pada last layer ketka warna diatas sudah benar, tapi belum terletak pada tempatnya yang benar,
Race : nge-race, kegiatan antar pemain dalam adu cepat menyelesaikan cube,
Skip : suatu keadaan ketika solving melewati tahap
yang seharus nya ada. misal CFOP, disaat kita menyelasikan f2l, kita
langsung mendapatkan kondisi PLL, melewati tahap OLL, itu disebut skip
OLL,
Scramble : acakan pada cube,
Solve : Keadaan puzzle sudah terselesaikan,
Speedcubing : Permainan rubik ini dikenal sebagai olahraga yang bernama speedcubing,
sub - xx: menyelesaikan cube dengan waktu dibawah waktu tertentu. misal sub 20, meyelesaikan waktu dibawah 20 detik.
Stackmat timer : alat penghitung kecepatan saat menyelesaikan cube,
WCA : World Cube Assosiciation, badan organisasi dunia yang mengelola olahraga speedcubing,
WR : World Record, waktu tercepat dunia yang tercatat di kompetisi resmi,
Sekian agan-agan posting dari ane malem ini ..
Smoga ada manfaatnya, maaf kalo salah pada penulisan & yang lainnya :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar